Cara Membuat Pelanggan Yang Tidak Puas Menjadi Senang

Anda mungkin tidak dapat menyenangkan semua konsumen Anda, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Bagaimana perusahaan top menangani pelanggan yang tidak senang ? Berikut adalah strategi yang mereka lakukan untuk menyenangkan pelanggan yang tidak senang menjadi senang :

1. Beradaptasi dengan tipe kepribadian pelanggan
Anda perlu mengetahui dengan tingkah pola perilaku pelanggan Anda terlebih dahulu kemudian beradaptasi dengan kebiasaan perilaku pelanggan tersebut. Ada pelanggan yang tidak sabaran atau cenderung agresif, pelanggan yang suka berbicara banyak, atau pelanggan yang sering merasa khawatir. Anda perlu tahu bagaimana cara menghadapi pelanggan – pelanggan Anda.

2. Merespon cepat
Kecepatan lebih penting dari solusi. Tanpa kecepatan Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menemukan solusi. Pelanggan juga akan merasa senang jika keluhannya direspon dengan cepat. Mereka akan merasa dihargai dan akan kembali memberi produk Anda karena pelayanan yang Anda berikan sangat baik.

3. Bertanggung jawab penuh atas kesalahan
Tentu Anda harus bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda lakukan terlebih lagi jika menyangkut soal pelanggan. Jika Anda tidak bertanggun jawab pada kesalahan Anda tentu Anda akan kehilangan pelanggan Anda. Dan nama produk atau bisnis Anda di cap tidak baik.

4. Libatkan pelanggan
Anda dapat menyediakan ruang bagi pelanggan untuk memberikan umpan baliknya. Pelanggan Anda dapat memberikan rating 1 – 5 bintang pada sistem kinerja perusahaan atau produk Anda. Jika rating kurang dari 5, Anda dapat melakukan survey atau melihat orang atau produk Anda yang bermasalah.

5. Gunakan kekuatan maaf
Maaf adalah kata yang kuat untuk karena Anda mengakui kesalahan Anda membuat pelanggan Anda tidak nyaman karena mengambil waktu dari jadwal mereka untuk menghubungi Anda. Anda bisa mengatakan “Kami akan segera mengurus ini untuk Anda.

(( sumber : laruno.com))

brosur SisKA UMKM 5